Tips and Trick – Mengendarai Mobil Matik di Musim Hujan

Mengemudikan mobil di jalan-jalan yang penuh dengan kemacetan, mobil bertransmisi otomatis (matik) menjanjikan kenyamanan lebih dibandingkan mobil transmisi manual. Namun seiring dengan datangnya musim hujan yang kerap mendatangkan genangan air bahkan banjir, mengendarai mobil matik membutuhkkan perlakuan khusus.

Berikut langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan agar mobil matik tetap nyaman dikendarai saat melewati genangan air yang cukup tinggi :

* Hindari menerjang genangan air yang dalamnya lebih dari 1/2 ban.
* Saat menjalankan mobil melewati genangan air, posisikan perseneling di “L” (low) atau “2” dengan RPM konstan di 2000. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar air tidak masuk ke mesin melalui saringan udara dan knalpot.
* Setelah melalui genangan air, segera mencuci bagian bawah mobil agar lumpur dan air tidak mengotori wilayah mesin.
* Periksa kuantitas dan kualitas oli transmisi. Untuk memeriksa oli transmisi, Anda dapat membuka tongkat pengukur oli transmisi (dipstick) dan lihat apakah oli mengalami perubahan warna. Untuk mobil matik yang menggunakan oli transmisi jenis life time (tidak memiliki dipstick), pemeriksaan kualitas oli sebaiknya dikonsultasikan ke bengkel resmi. Jika warna oli transmisi sudah keruh seperti susu, pertanda air telah masuk ke transmisi.
* Jangan menghidupkan mesin apalagi menjalankan mobil matik Anda jika ternyata air telah masuk ke mesin. Segera hubungi bengkel resmi untuk melakukan pemeriksaan pada mobil dan mintalah bantuan “menggendong” mobil ke bengkel.

sumber : http://www.facebook.com/notes/cibadak-auto-cool/tips-and-trick-mengendarai-mobil-matik-di-musim-hujan/224838743825

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: