Tips Menghemat Bahan Bakar

SETIAP pengendara sudah pasti menginginkan mobilnya hemat bahan bakar. Apalagi harga minyak dunia semakin melambung, tentu ini akan berdampak pada konsumsinya. Dengan sedikit mengubah budaya mengemudi, bahan bakar dapat dihemat setiap hari.

Sebenarnya dengan sedikit mengubah gaya mengemudi, pengendara bisa menghemat setidaknya 1 hingga 2 liter bahan bakar setiap hari. Dengan sedikit memusatkan perhatian pada teknik mengendarai mobil yang benar, seseorang dapat lebih jarang mendatangi stasiun pengisian bahan bakar.

Badan Sumber Daya Alam Kanada yang dikutip Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, berbagai tips cara mengemudi hemat yang perlu dibiasakan para pengemudi, apalagi bagi pengemudi di dalam kota.

Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah memeriksa secara rutin kendaraan ke bengkel. Hal ini untuk menjamin perangkat mesin bekerja secara normal.

Hal lain yang perlu dilakukan langsung oleh pemilik adalah memeriksa tekanan angin pada ban. Tekanan ban 1 atau 2 psi (pressure per square inch) di bawah ketentuan pabrikan, dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar lebih dari 1 persen. Untuk itu, periksalah tekanan ban setidaknya satu bulan sekali.

Batasi penggunaan pengatur suhu udara (AC), mengingat penggunaan AC dapat menambah konsumsi bahan bakar sampai 20 persen.

Mengendarai mobil dengan kecepatan konstan terutama pada kecepatan 70 hingga 80 kilometer per jam turut menyumbang penghematan bahan bakar. Menurut hasil studi, mengendarai mobil dengan kecepatan berkisar 100 hingga 120 kilometer per jam menambah konsumsi bahan bakar sebanyak 20 persen.

Tinggalkan jauh-jauh kebiasaan memanaskan mobil di pagi hari dalam waktu lama. Membiarkan mesin mobil hidup dalam keadaan idle selama lebih dari 10 menit, mengonsumsi bahan bakar lebih banyak daripada saat menghidupkan mesin. Teknologi mobil saat ini umumnya sudah memompa oli secara langsung ke bak penampungan sehingga oli langsung terdistribusikan.

Jangan menjadi pengemudi yang agresif dengan membiasakan memacu mobil secara berlebihan. Sebab, penggunaan rem dan gas secara berlebihan atau mengganti gigi terlalu sering, membuat mobil menjadi boros bahan bakar. Injaklah pedal gas secara lembut sehingga mobil melaju mulus, dan lakukan perpindahan gigi persneling pada 1.500-2.500 rpm.
(ton)

sumber : http://autos.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/03/11/87/90616/tips-mengehemat-bahan-bakar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: